Sabtu, 26 Mei 2018

Daihatsu Zebra Espass

Daihatsu Zebra Espass adalah mobil dari pabrikan PT. Astra Daihatsu Motor untuk minibus dan pikap kecil di Indonesia. Mulai diperkenalkan pada tahun 1994 menggantikan Daihatsu Hijet. Mobil ini merupakan salah mobil yang diminati oleh masyarakat, pada awal perjalananya mobil Zebra Espass menggunakan mesin Karburator dengan 2 varian mesin 1300 cc dan 1600 cc, kemudian tahun 2000 memperkenalkan mesin dengan 2 varian mesin 1300 cc dan 1600 cc.
Model ini terakhir diproduksi pada tahun 2007 dan digantikan oleh Daihatsu Gran Max untuk Zebra tipe pikap dan ZL sedangkan untuk tipe ZX dan ZSX digantikan oleh Daihatsu Luxio.

Spesifikasi

Mesin

  • 1.6 Carbu
Tipe HD-C bensin (premium), sejajar-4 silinder, 4 langkah, 16 valve, SOHC dan berpendingin air Kapasitas mesin 1,598 cc, Tenaga kuda maksimum 87 HP/ 5600 rpm (88 PS), Torsi maksimum 13,6 kg-m (135 Nm)/ 3200 rpm 
  • 1.3 Carbu
Tipe HD-C bensin (premium), sejajar-4 silinder, 4 langkah, 16 valve, SOHC dan berpendingin air Kapasitas mesin 1,589 cc, Tenaga kuda maksimum 75 HP/ 5600 rpm (76 PS), Torsi maksimum 11,5 kg-m (114 Nm)/ 3800 rpm.
  • 1.5 EFI
Tipe MP-I bensin (premium), sejajar-4 silinder, 4 langkah, 16 valve, SOHC dan berpendingin air Kapasitas mesin 1,498 cc, Tenaga kuda maksimum 87,5 HP/ 6000 rpm (89 PS), Torsi maksimum 13,2 kg-m (130 Nm)/ 3800 rpm 
  • 1.3 EFI
Tipe MP-I bensin (premium), sejajar-4 silinder, 4 langkah, 16 valve, SOHC dan berpendingin air Kapasitas mesin 1,298 cc, Tenaga kuda maksimum 78 HP/ 6000 rpm (79 PS), Torsi maksimum 11,9 kg-m (118 Nm)/ 4200 rpm.

Mesin

Jenis Manual, 5 kecepatan maju, 1 mundur, tongkat pemindah di lantai Perbandingan gigi  Gigi 1 : 3,752 Gigi 2 : 2,182  Gigi 3 : 1,428 Gigi 4 : 1,000  Gigi 5 : 0,774 Mundur : 3,942  Rasio gigi akhir 4,222 

Suspensi

Depan: MacPherson strut dengan double-action shock absorbers Belakang: Rigid axle dengan semi-elliptic leaf springs and double-action shock absorbers 

Rem

Depan Tipe cakram (disc) Belakang Tipe tromol (drum) Booster Rem 8 inchi 

Sistem Kemudi

Tipe: Rack & Pinion dengan bevel gear 

Ban

Tipe 175/ 70 – R13 

Evolusi Daihatsu Zebra Espass
Spesifikasi Daihatsu Zebra Espass Generasi Pertama "Karburator" (1994 - 2000)
1300cc
  • Kapasitas mesin = 1298 cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 16 Valve 1298cc SOHC
  • Berat Kosong = 1010 Kg
  • Berat Total = 1420 Kg
  • Tenaga Maksimum = 76 dk/5600rpm (78 PS)
  • Torsi Maksimum = 112 Nm/4300rpm

1600cc
  • Kapasitas mesin = 1598 cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 1598cc SOHC
  • Berat Kosong = 1060 Kg
  • Berat Total = 1475 Kg
  • Tenaga Maksimum = 87 dk/5400rpm
  • Torsi Maksimum = 130 Nm/3600rpm

Espass Generasi Kedua Espass "Injeksi" (2000 - 2007)

1300cc
  • Kapasitas mesin = 1298 cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 16 Valve 1298cc SOHC Fuel Injection
  • Berat Kosong = 1010 Kg
  • Berat Total = 1420 Kg
  • Tenaga Maksimum = 80 dk/6000rpm (82 PS)
  • Torsi Maksimum = 114 Nm/4500rpm
1500cc
  • Kapasitas mesin = 1498 cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 16 Valve 1498cc SOHC Fuel Injection
  • Berat Kosong = 1050 Kg
  • Berat Total = 1450 Kg
  • Tenaga Maksimum = 88 dk/6200rpm
  • Torsi Maksimum = 130 Nm/4200rpm
1600cc (limited type)
  • Kapasitas mesin = 1598 cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 16 Valve 1598cc SOHC Fuel Injection
  • Berat Kosong = 1050 Kg
  • Berat Total = 1450 Kg
  • Tenaga Maksimum = 95 dk/6000rpm
  • Torsi Maksimum = 138 Nm/4200rpm

Kelebihan Daihatsu Zebra Espass
  • Mempunyai bentuk body besar sehingga daya angkut / muat lebih banyak.
  • Harga bekas lebih murah jika dibandingkan dengan suzuki carry
  • Pemakaian bahan bakar lebih irit.
  • Mesin bandel dan perawatan cukup mudah.
  • Hingga saat ini masih mudah mendapatkan spare part zebra.
Kekurangan Daihatsu Zebra Espass
  • Seiring dengan waktu maka harga mobil ini semakin menurun.
  • Ketika digunakan untuk tanjakan tarikan mesin kurang agresif.
  • Kadang panas mesin keluar ke kabin, karena mesin terletak di bawah jok. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya ditutup dengan alumium foil ( dibawah jok ).
  • Sering ngadat ketika dipaksa melewati genangan air diatas setengan ban.
  • Mobil daihatsu zebra didesain untuk kendaraan niaga, sehingga mempunyai suspensi keras.
  • Tentu saja ketika digunakan untuk menikung tajam sedikit oleng, karena kurang keseimbangan.
  • Karena daihatsu zebra tidak mempunyai hidung, maka cukup berbahaya jika terjadi tabrakan.
  • Tidak dilengkapi dengan perangkat AC.
Daftar Pustaka
http://distributorbanradial.com/kendaraan/mobil-daihatsu-zebra-kelebihan-dan-kekurangannya/
https://id.wikipedia.org/wiki/Daihatsu_Zebra_Espass
https://cdns.klimg.com/kapanlagi.com/mobil/photos/2012/08/std_in-1723737_1.jpg
https://cdns.klimg.com/kapanlagi.com/mobil/photos/2012/07/std_in-1698909_1.jpg

Share:

1 komentar:

  1. Pingin banget dulu beli mobil ini, cocok buat keluarga sekalian usaha pakai mobil (cafe tenda), cuma sayang sampai sekarang belum keturutan.
    visit my blog ya saling komentar : https://www.google.com/search?q=barudakmotor.racing+mobil

    BalasHapus

BTemplates.com

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog